MAN 8 Jombang, Gelar Istighosah dan Doa Bersama untuk Kelancaran AM kelas XII

By | Maret 14, 2023

Istighosah memiliki banyak makna. Istighosah diartikan sebagai pertolongan, permintaan atau permohonan. Beberapa ulama juga mengatakan bahwa istighosah bisa dimaksudkan sebagai meminta pertolongan ketika dalam keadaan sukar dan sulit. Allah juga berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi, Wasta’īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, wa innahā lakabīratun illā ‘alal-khāsyi’īn Artinya adalah Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

Yang dimaksud dengan Istighosah dalam munjid fil lughoh wa a’alam adalah mengharapkan pertolongan dan kemenangan. Istighosah bisa diartikan seperti melakukan doa yang tidak biasa, karena biasanya yang dipanjatkan dalam stighosah merupakan hal yang luar biasa.

Dalam rangka menjelang Assesment Madrasah atau AM, MAN 8 Jombang menyelenggarakan istighosah dan doa bersama. Bertempat di mushola MAN 8 Jombang, kegiatan berjalan khusuk dan khidmat diikuti seluruh siswa-siswi kelas XII.

Kepala MAN 8 Jombang, Dra. Hj. Farida Priyatna, M. M. menyampaikan bahwa istighosah dan doa bersama bertujuan memberikan bekal spiritual kepada peserta didik khususnya kelas XII yang akan melaksanakan Assesment Madrasah.

Serangkaian kegiatan istighosah dan doa bersama dilanjutkan dengan sholat dhuha dan arahan dari panitia AM. Bapak Misbakhul Arif, selaku guru Al Quran Hadist MAN 8 Jombang, memimpin kegiatan istighosah dan doa bersama. Beliau berpesan semoga melalui ikhtiar istighosah dan doa bersama menjelang AM ini, siswa-siswi kelas XII menjadi lebih optimis, semangat, bahagia dunia akhirat, serta mendapatkan nilai yang maksimal. Aamiin.(Hanifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *